Antara Gue dan BukBer

Memasuki hari kedua puasa dan hari libur gue yang terakhir, rasanya rutinitas gue lempeng-lempeng aja. Ya cuma itu-itu aja. Kalau pun ada yang menyenangkan, palingan ya itu; baca, nonton, tidur dan iseng-iseng menghasilkan bunyi jelek dari senar gitarnya Papa. Udah itu doang.

Ada lagi sih sebenernya. Kegiatan gue kalau sore sekarang bantuin nyokap bergelut sama pisau dan bumbu rempah di dapur. Persiapan berbuka puasa. Anyway, ngomongin soal buka puasa, ada satu istilah yang yaa lumayan lama sih udah dipakainya, sejak gue masih SMP kalau nggak salah sih.

BukBer. Buka Bersama.

Buka apaan hayo?
Buka puasa lah. Apalagi? πŸ˜†

Gue jarang banget ngelakuin aktifitas itu selama bulan puasa. Maksud gue BukBer. Palingan kalau ada yang ngajak aja, baru deh keluar rumah. Kalau nggak, yaa udah BukBer di rumah bareng keluarga. Gue tipe anak rumahan yang lebih nyaman ada di rumah daripada main nggak jelas ke luar. Apalagi lagi gencar-gencarnya isu bom tuh ya, kan? Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan lebih hati-hati lagi kalau bepergian ke luar. Nyokap sekarang kalau belanja ke pasar abis pulang kerja gitu dikawal tuh sama om densus 88. Hehe...😁becanda dink. Mungkin kalau nyokapnya Mas Gibran Rakabuming Raka sih gitu ya pas pergi ke pasar. Dikawal dan dijagain beneran. Kalau nyokap gue mah siapa. πŸ˜…

Jadi gue memang dari kecil kurang suka keluar rumah. Karena gue gampang sakit kalau terlalu capek sedikit. Tenaga gue nggak banyak, jadi lebih baik gue memanfaatkannya secara maksimal di rumah aja. Yaa.. nglakuin kegiatan ringan di kamar; baca, nulis, nontonin ulang film-film dan drama-drama Korea yang gue koleksi di laptop, atau main gitar, atau iseng-iseng nekan-nekan tuts keyboard nyari-nyari nada buat nulis lagu. Padahal sendirinya buta nada. Itu cuma aktifitas nggak penting yang gue lakuin buat ngusir kebosanan. Dengerin lagu-lagu klasik juga adalah faforit gue. Dan yang paling gue suka diantara semuanya adalah; tidur.

Kalau bulan puasa gini agak beda dikit mungkin. Dikit-dikit tadarus selepas sembahyang, jadi rutinitas tambahan di bulan suci. Yah walau kemampuan gue baca Al-Quran masih terseok-seok; kadang lancar kadang nggak. Karena memang gue jarang tadarusan sih. (Yah ngaku juga akhirnya) Jujur gue lebih suka baca terjemahannya. Karena menurut gue, baca tanpa ngerti makna, sama aja bohong. Gue nggak suka. Jadi kalau gue udah berniat belajar sesuatu, apapun itu, pasti gue gali sampai nemu akar-akarnya. Kalau cuma pengen sekedar tahu aja, biasanya gue tanya eyang google. Tinggal klik, informasi apa aja bisa kita ketahui secara cepat. Jaman now kan ya? Semua serba cepat. Semua serba instan. Semua serba On-Line. Oke, gimana pun perkembangan jaman mau nggak mau harus diterima dengan pikiran terbuka.

Gue jarang BukBer. Tapi paling nggak, pasti tiap tahun pasti ada yang ngajakin. Siapa? Temen-temen deket. Kalau pacar? Nope, I'm single. πŸ™ƒ

Dan paling-paling temen-temen yang ngajak gue BukBer ya cuma itu-itu aja. Karena gue memang sengaja membatasi pergaulan. Gue nggak gampang percaya sama orang. Karena udah sering kena pengalaman yang nggak mengenakkan sama orang-orang yang notabene berlabel "teman". Gue udah capek hati, capek lahir batin juga berurusan sama mereka. Bahkan saudara dekat seperti sepupu dan para jajarannya pun nggak luput dari black list gue. Gue benci mereka semua karena mereka selalu memandang keluarga gue sebelah mata. Oke, mereka memang kaya harta, tapi coba liat hidup mereka sekarang dirundung banyak kesialan. Itu karma mereka, karena selama ini udah bikin keluarga gue sengsara. Apa yang selama ini mereka tanam, sudah mereka petik hasilnya. Prahara kehidupan gue, kalau gue critain panjang nih ntar jadinya. Jadi mending nggak usah aja. Hehe..

Balik lagi ke BukBer.

Biasanya menu BukBer gue sama temen-temen sih sederhana aja. Palingan ayam penyet atau kremes, sambel, lalapan, minumnya juga standar es teh manis atau jus buah biasanya. Harga makanan di kota tempat gue tinggal juga cukup terjangkau dan rasa makanannya sesuai sama lidah gue. Yaa namanya juga asli orang sini. Oh ya, makanan yang paling terkenal di sini adalah nasi pecel dan tahu. Pasti udah ketebak dong ya di mana gue tinggal?

Gue selalu berharap setiap Ramadhan tiba supaya Tuhan selalu memberi kemudahan bagi keluarga gue dalam menjalankan apapun. Kesehatan, kebahagiaan, dan rejeki yang cukup. Itu aja udah cukup buat gue. Gue nggak mau doa yang muluk-muluk.

Sekian dulu deh, gue akhiri tulisan gue sampai sini aja. Karena gue sepertinya udah sedikit keluar jalur dan out of topic nih. Dan tulisan ini jadi nggak fokus ke BukBer-nya ya? Maafin. 😁

Kapan-kapan gue cerita lagi. Bye.

#OneDayOnePost2018
#RamadhanWritingChallenge
#day2

Tema RWC hari ini: BukBer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lara dan Alam Lain

What Do You Think About English Subject At School?

Dia Dan Alegori