Review "Catch My Dream"

Berikut beberapa masukan yang ingin saya sampaikan kepada Mbak Riendra, terkait tulisan yang berjudul "Catch My Dream". Semoga bermanfaat.

1. Mistyping (Kesalahan sewaktu pengetikan)

Terdapat pada beberapa paragraf. Misalnya paragraf keempat kalimat kedua, pada kata "kie" yang seharusnya berbunyi "kue". Paragraf keenam kalimat pertama, pada kata "dsertai" yang seharusnya menjadi "disertai". Paragraf ketujuh kalimat pertama, pada kata "diawan" yang seharusnya dipisah penulisannya sebab bukan kata kerja pasif. Selanjutnya, masih di paragraf ketujuh kalimat pertama, pada kata "tertutupir" yang seharusnya menjadi "tertutupi". Paragraf ketujuh kalimat kedua, pada kata "terbesit" yang seharusnya menjadi "terbersit". Paragraf delapan kalimat pertama, pada kata "Batang" yang huruf awalnya seharusnya ditulis dengan huruf kecil, sehingga menjadi "batang". Masih paragraf delapan kalimat pertama, yakni pada kata "didudukin" yang seharusnya "diduduki".

2. Penulisan cetak miring

Terdapat pada kalimat Bahasa Inggris, paragraf delapan kalimat kedua. "Nothing is impossible" seharusnya dicetak miring.

3. Susunan kalimat yang terlalu panjang

Jika berkenan, saya ingin sedikit memberikan revisi di beberapa paragraf. Misalnya saja pada paragraf ketujuh kalimat ketiga.

Bagaimana jika dibuat seperti ini?

Revisi:
Namun tiba-tiba anganku menguap. Gema teriakan seorang ibu memanggil anaknya, membisik lembut. Menggelitik indra pendengaranku. "Ayo pulang, Nak!" suara itu terhempas hembusan sang angin.

Kemudian saya menemukan kejanggalan pada paragraf sepuluh kalimat pertama. Terdapat kalimat "Benar juga yach", yang seharusnya diubah menjadi "Mungkin hal itu ada benarnya juga". Karena bahasa tulis berbeda dengan bahasa lisan.

4. Tips-tips dari saya

Sebaiknya hindari kalimat yang terlalu panjang dan berlapis-lapis. Susun kalimat sependek mungkin. Singkat namun padat, serta mencakup apa yang ingin disampaikan. Hindari kalimat majemuk yang terlalu panjang karena hanya akan menimbulkan kesan bertele-tele dan pembaca merasa kekurangan gairah untuk membaca sampai akhir.

Demikian review dari saya, semoga tidak terlalu menyakitkan kalimat saya di atas. Hehehe..

Suksek buat Mbak Riendra. Tetap menulis ya, Mbak. Semangat.

Salam literasi.

Berikut saya lampirkan sumber tulisan:

https://riendrablog.blogspot.co.id/2017/07/catch-my-dream.html?

***

#tugas7
#kelasfiksi
#onedayonepost

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lara dan Alam Lain

What Do You Think About English Subject At School?

Dia Dan Alegori